PESONA PASIE JANTANG

Pasie Jantang atau Teluk Jantang, sebuah nama yang masih awam di dengar oleh orang-orang. Kawasan ini terletak di Desa Jantang Meunasah Krueng Kala Pasie, Kecamatan Lhoong – Kabupaten Aceh Besar. Atau anda bisa mengetik koordinat 5°15’53.6″N 95°14’43.2″E di aplikasi map untuk lebih memudahkan anda menemukan lokasi tersebut. Jarak dari kota Banda Aceh sekitar satu jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. setelah sampai di tujuan, anda akan menemui penjaga di pantai tersebut yang tak lain adalah para pemuda di desa tersebut. Akan ada sedikit biaya masuk atau parkir yang akan dibebankan kepada anda sebagai pengunjung, setelah membayar iuran parkir anda cukup sedikit mendaki ke balik bukit untuk berada di salah satu surga indah di kawasan Aceh Besar tersebut.

Jangan lupa bawa peralatan andalan anda jika ingin mengunjungi tempat ini, karena di Teluk Jantang ini mata anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat luar biasa.

Mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang indah, pohon kelapa yang ditanam rapi dimana anda bisa menggantungkan hammock anda agar anda bisa beristirahat sambil ditemani suara burung dan ombak yang menderu. Bagi anda penikmat pancing, anda juga bisa membawa peralatan pancing anda kemari dan memancing di tebing-tebing yang ada di sisi pantai Teluk Jantang tersebut.

Selain itu anda juga dapat menyaksikan para nelayan yang sedang menarik pukat dari pantai tersebut, ada beberapa pukat yang secara berurutan ditarik oleh para nelayan di daerah tersebut, anda juga bisa memanjakan lensa kamera anda dengan pemandangan “tarik pukat” tersebut dimana sesekali anda juga bisa berbincang-bincang dengan para nelayan tersebut.

Berikut beberapa dokumentasi saya selama berkunjung ketempat tersebut

Dulunya pantai yang menakjubkan ini pernah ditutup oleh warga setempat karena takut akan ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di lokasi yang sangat indah ini, tapi kini lokasi pantai ini telah dibuka kembali untuk para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan salah satu pantai yang ada di kabupaten Aceh Besar ini. Sudah selayaknya kita sebagai pengunjung lebih bijak dalam berbuat dan tetap melestarikan apa yang sudah ada dan dijaga oleh masyarakat setempat agar sanak saudara dan orang lain selain kita tetap bisa menikmati salah satu ciptaan tuhan yang sangat mengangumkan ini. (orc85)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *